Sosialisasi Pengelolaan Aset Ketenagalistrikan PT PLN (Persero)
Tanggal Posting : 10-08-2017

Pengelolaan Aset Ketenagalisrikan merupakan salah satu fokus agenda kerja utama ICON+ SBU Medan. Untuk itu, ICON+ SBU Medan menggelar rapat sosialisasi Pengelolaan Aset Ketenagalistrikan PT PLN (Persero) yang dilaksanakan di Hotel GranDhika, Medan (9/8). Acara ini dihadiri oleh seluruh Manager PT PLN (Persero) area Sumatera Utara di antaranya Manager Area Medan, Area Pematang Siantar, Area Padangsidempuan,Area Sibolga, Area Binjai, Area Lubuk Pakam, Area Rantau Parapat, Area Nias, Manager APD, DM IT dan DM Niaga.

            GM SBU ICON+ Medan, Wuri Yulianto dalam kata sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada manager area dan pihak PLN yang bersedia hadir dalam undangan ICON+ untuk bersama-sama mendiskusikan tata kelola aset tiang PLN.

            Acara diawali dengan pemaparan perihal Dasar Hukum Pengelolaan ROW PLN oleh ICON+ untuk Kepentingan Telematika yang disampaikan oleh Manajer Kemitraan ICON+, Lantip Sasmito. Sementara itu Muhammad Sabik selaku Manager Legal ICON+ juga menyampaikan contoh-contoh kasus yang pernah ICON+ hadapi terkait penertiban tiang PLN. Pertemuan ini diharapkan dapat menjalin sinergi antara ICON+ dan PT PLN (Persero) area Sumatera Utara untuk meminimalisir kesempatan pihak lain melakukan pemanfaatan secara ilegal aset tiang PLN.

Sebagai tindak lanjut pertemuan dengan manager area PT PLN (Persero) area Sumatera Utara perihal pengelolan aset PT PLN (Persero) di hari sebelumnya, ICON+ menggelar pertemuan dengan perusahaan TV Kabel dan ISP lokal Sumatera Utara di Benz Café Medan (10/8). Senada dengan yang di paparkan di hadapan manager area PT PLN (Persero) , Lantip Sasmito juga menyampaikan tujuan diadakannya pertemuan yaitu sebagai media sosialisasi penggunaan aset ketenagalistrikan PT PLN (Persero). Usai pertemuan ini, TV Kabel dan ISP Lokal diharapkan dapat mengetahui dan memahami bahwa Pemanfaatan Jaringan Tenaga Listrik Untuk Kepentingan telematika harus mendapat Ijin Pemanfaatan Jaringan (IPJ) dari Menteri ESDM dan IPJ tersebut hanya dapat diajukan oleh Pemilik Jaringan dengan ijin usaha penyediaan tenaga listrik atau ijin operasi. Dalam hal ini pemilik Ijin Pemanfaatan Jaringan (IPJ) aset tiang PLN adalah PT PLN (Persero) dan menunjuk ICON+ sebagai pengelola dan pemanfaat jaringan aset tersebut.

Sebanyak 30 perusahaan TV kabel dan ISP hadir dalam acara kali ini. Agar dapat menjalin kerjasama yang legal, ICON+ juga memaparkan kesempatan berbisnis dengan TV Kabel dan ISP lewat produk Nano Plus. Tahap awal dari tindak lanjut acara ini adalah seluruh perusahaan TV Kabel dan ISP wilayah Sumatera Utara yang hadir diminta untuk mendata titik koordinat kabel mereka yang telah mereka gelar di tiang-tiang PLN. Selanjutnya data titik koordinat kabel tersebut akan diserahkan ke ICON+ SBU Medan paling lambat 31 Agustus 2017.