Pedoman Tata Kelola Perusahaan


ICON+ telah memiliki GCG Code sejak tahun 2005 dan telah dilakukan perubahan pada tanggal 11 Desember 2009 melalui Keputusan Direksi ICON+ Nomor 404/SK/001/PUSAT/ ICON+/2009 dan kemudian dilakukan penyempurnaan melalui Keputusan Bersama Dewan Komisaris dan Direksi Nomor: 122802/SK/005/PUSAT/ICON+/2016 tentang Pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance Code).

GCG Code merupakan panduan dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan peraturan yang berlaku, dengan memperhatikan kepentingan Pemegang Saham serta pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Aspek yang diatur dalam GCG Code antara lain adalah prinsip-prinsip GCG, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Komisaris, Direksi, Independensi Komisaris dan Direksi, Program Pengenalan Komisaris dan Direksi, Komite Audit & Piagam Komite Audit, Internal Audit & Piagam Internal Audit, Komite Manajemen Risiko dan Piagam Manajemen Risiko, Komite Remunerasi dan Nominasi serta Piagamnya, Penciptaan Nilai bagi Pihak-Pihak yang Berkepentingan dan Kebijakan Disclosure Berkesinambungan.

 

Kebijakan Tata Kelola Perusahaan

Sebagai Perusahaan yang bertekad menjadi penyedia solusi TIK terkemuka di Indonesia yang berbasis jaringan melalui pemanfaatan aset strategis, ICON+ telah memiliki berbagai pedoman dan prosedur pelaksana kegiatan operasional sebagai bentuk komitmen penerapan tata kelola perusahaan yang berkualitas. Sampai dengan tahun 2017, ICON+ telah memiliki pedoman dan prosedur pelaksanaan kegiatan unit kerja, antara lain:

 

  1. Buku Pedoman Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan (GCG Code)
  2. Pedoman Etika Perusahaan (Code of Conduct)
  3. Tata Laksana Kerja Direksi dan Dewan Komisaris (Board Manual)
  4. Pedoman Proses Manajemen Risiko
  5. Kebijakan Whistle Blowing System (WBS)
  6. Kebijakan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)
  7. Kebijakan Keterbukaan Informasi
  8. Kebijakan Gratifikasi
  9. ICON+ Berintegritas

 

Komitmen Terhadap Penerapan GCG

Penerapan tata kelola perusahaan yang baik adalah faktor penting dalam memelihara kepercayaan pemegang saham dan pemangku kepentingan. Bagi ICON+, penerapan GCG bukan sekedar memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku melainkan elemen fundamental yang melandasi setiap aktivitas Perusahaan.

Penerapan GCG tidak hanya untuk memastikan perusahaan yang harus mematuhi semua peraturan perusahaan dan perundang-undangan terkait, namun memberikan panduan bagi manajemen dan karyawan untuk melakukan interaksi berdasarkan pada nilai-nilai moral yang merupakan bagian dari GCG.

Dengan penerapan GCG yang konsisten dan berkelanjutan diharapkan akan lahir standar kerja yang berkualitas dan berlandaskan etika dalam jangka panjang.